Cara Membuat Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru di HP

Membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru
Membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru via HP itu mudah (Sumber gambar: Pixabay)

Membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru itu mudah. Kini, Anda tak perlu repot harus membuat kartu ucapan digital di komputer atau laptop. Cukup dengan smartphone atau HP, Anda sudah bisa membuat kartu ucapan digial tersebut.

Seperti diketahui, Natal dirayakan setiap 25 Desember. Tujuh hari setelahnya, Tahun Baru akan datang menyambut.

Beberapa tahun yang lalu, pada momen Natal dan Tahun Baru, orang-orang akan saling mengirimkan kartu ucapan selamat Natal dan Tahun Baru. Kartu ucapan itu dapat diantarkan secara langsung, atau dikirimkan melalui jasa pengiriman.

Baca juga: Cara Membuat Best Nine Instagram 2020, Tanpa Aplikasi!

Namun, kini zaman sudah berubah. Kartu ucapan sekarang sudah berupa gambar digital. Jadi, untuk mengirimkannya pun cukup bermodal smartphone yang tersambung dengan internet saja.

Kartu ucapan digital itu bisa dikirimkan melalui aplikasi perpesanan instan WhatsApp atau bisa juga dikirimkan via pesan di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Kabar gembiranya, untuk membuat kartu ucapan digital tersebut, Anda tak perlu harus belajar terlebih dahulu cara mendesain. Cukup dengan aplikasi tertentu, Anda sudah bisa membuatnya, gratis dan mudah.

Baca juga: Cara Mengatur Penyimpanan Data WhatsApp Via Storage Management

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru.

Langkah-langkah membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru

Pertama, silakan download atau unduh dulu aplikasi Canva. Berikut adalah link atau tautannya: PlayStore | AppStore.

Jika sudah, silakan buka aplikasinya. Seperti aplikasi lainnya, Anda akan diminta untuk membuat akun. Anda bisa menghubungkan akun Canva dengan akun Google, akun Facebook, atau email.

Setelah membuat akun, Anda akan dihadapkan pada menu utama Canva. Di bagian atas, Anda akan melihat kolom pencarian.

Membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru via Canva

Untuk membuat kartu ucapan bertema Natal, silakan masukkan kata kunci “christmas card” di kolom pencarian tersebut. Sementara itu, untuk membuat kartu ucapan Tahun Baru tinggal ketikkan “new year card”. Jangan lupa tekan “Ok” atau tekan ikon kaca pembesar di keypad virtual di layar HP Anda.

Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan template kartu ucapan digital Natal dan Tahun Baru. Silakan pilih yang disukai. Untuk memilih yang gratis, pilih saja yang berlabel “free” atau “gratis”.

Setelah memilih template, Anda bisa meng-edit terlebih dahulu kartu ucapannya. Caranya, tinggal pilih saja opsi “edit” setelah Anda tap salah satu kartu ucapannya.

Ketika masuk di menu editing, Anda jangan bingung. Saran kami, sebaiknya edit tulisannya saja dengan tulisan yang Anda mau. Namun, jika Anda sudah mahir menggunakan aplikasi Canva, silakan edit gambar dan warnanya sesuka hati.

Baca juga: Fleets atau Twitter Story: Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Untuk meng-edit tulisannya, tap saja dua kali di tulisan yang hendak diganti. Jika keypad virtual Anda sudah muncul, artinya Anda sudah bisa mengganti tulisan tersebut sesuai keinginan. Jika sudah selesai meng-edit tulisannya, tinggal tap saja ikon tanda contreng di pojok kanan-atas.

Membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru

Nah, bila Anda sudah puas dengan tampilan kartu ucapan digitalnya, silakan pilih ikon tanda panah ke atas di pojok kanan atas. Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada opsi menyimpan atau membagikan gambarnya.

Untuk menyimpan gambar kartu ucapannya, pilih saja “Save as…” atau “Simpan sebagai…”. Lalu, jika Anda hendak membagikannya langsung di media sosial seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn, tinggal pilih saja ikon media sosial yang tampil di menu tersebut.

Begitulah kira-kira cara membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru via HP. Semoga bermanfaat. Selamat Natal dan Tahun Baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *