Cara Download dan Menggunakan Zoom untuk Rapat Online

Ilustrasi perangkat untuk menggunakan aplikasi rapat online Zoom (sumber gambar: Pixabay)
Ilustrasi perangkat untuk menggunakan aplikasi rapat online Zoom (sumber gambar: Pixabay)

Satu di antara sejumlah aplikasi terbaik yang bisa mengakomodasi keperluan rapat online adalah Zoom. Melalui aplikasi ini, rapat via internet bisa dilakukan via video conference hingga mencapai 100 partisipan.

Ada beberapa kelebihan atau fitur dari aplikasi ini. Namun, yang paling menarik perhatian saya adalah aplikasi ini sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari Windows, Android, hingga iOS.

Jadi, bagi perusahaan atau kantor yang ingin menggelar rapat online, tak perlu ribet mewajibkan pekerjanya harus menyediakan laptop. Pun begitu dengan kelompok pertemanan yang ingin berkomunikasi lewat video, cukup siapkan smartphone atau HP saja.

FItur lain yang membuat saya merekomendasikan aplikasi ini adalah kemudahan penggunaannya. Pengguna yang wajib membuat akun hanyalah host saja, sementara itu partisipan bisa mengikuti video conference atau rapat online tanpa perlu repot-repot mendaftar atau membuat akun.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Cara Sederhana Membersihkan HP untuk Cegah Corona

Melalui aplikasi ini, partisipan video conference juga bisa langsung memaparkan file atau dokumen presentasinya langsung dari smartphone. Nantinya, tampilan dokumen presentasi tersebut juga muncul di layar HP partisipan lainnya.

Selain itu, aplikasi Zoom ini juga dapat berfungsi layaknya instant messaging. Jadi, walaupun tak terhubung lewat video conference, penggunanya masih bisa berinteraksi lewat chat.

Perangkat untuk rapat online via aplikasi Zoom.

Jadi, jika kamu tertarik untuk men-download atau mengunduh aplikasi ini, berikut adalah tautan atau link-nya:

  1. Link aplikasi versi Windows.
  2. Link aplikasi versi PlayStore.
  3. Link aplikasi versi iOS.

Silakan download aplikasi tersebut secara gratis. Setelah itu pasang dan buka aplikasinya.

Ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti oleh host untuk memulai sebuah video conference atau rapat online lewat aplikasi Zoom. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Untuk versi Windows, pertama kamu harus mendaftar atau membuat akun dulu di situs resmi Zoom: https://zoom.us/. Sementara itu, untuk versi mobile, kamu bisa membuat akun langsung di aplikasinya
  2. Setelah masuk, tugasmu sebagai host tentu saja menundang partisipan untuk bergabung dalam rapat online yang kamu buat. Caranya, kirimkan saja Personal Meeting ID milikmu dalam bentuk link ke partisipan lain. Untuk yang versi Windows, Personal Meeting ID itu ada di laman My Profil, sedangkan yang versi mobile ada di Setting.
  3. Saat menerima link tersebut, partisipan cukup mengkliknya lewat perangkat yang kompatibel (smartphone iOS, Android, dan PC Windows). Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, partisipan tak perlu repot-repot membuat akun untuk bisa bergabung dalam video conference di Zoom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *