Cara Buat Kartu Ucapan Permohonan Maaf Jelang Ramadan

Ilustrasi menyambut bulan Ramadan 2020 (Sumber gambar: Pixabay)

Kartu ucapan digital permohonan maaf menjelang ibadah puasa Ramadan ternyata bisa dibuat sendiri, bahkan melalui sebuah HP atau smartphone.

Ibadah puasa Ramadan 2020 ini memang berbeda. Umat Muslim akan melaksanakan ibadah tersebut di tengah pandemi Covid-19 penyebab virus corona. Karena itu, beberapa tradisi yang biasa dilakukan akan disesuaikan.

Saat ini, pemerintah menganjurkan agar masyarakat berdiam diri dulu di rumah agar penyebaran virus corona bisa dihambat. Jadi, rasanya tidak mungkin kalau harus bersilaturahmi berkeliling untuk memohon maaf menjelang ibadah puasa.

Untungnya, saat ini teknologi sudah canggih dan mudah diakses. Mengirim permohonan maaf dalam kartu ucapan digital bisa dijadikan pilihan. Kartu tersebut dapat dikirimkan via aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp atau fitur direct message di media sosial.

Di sini, saya akan memaparkan langkah-langkah cara membuat kartu ucapan digital permohonan maaf tersebut secara mudah. Berikut caranya:

1.Silakan download terlebih dahulu aplikasi Canva.

Untuk yang versi Android bisa melalui tautan atau link ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.canva.editor&hl=in

Sedangkan, untuk yang versi iOS, dapat menggunakan tautan berikut:
https://apps.apple.com/us/app/canva-graphic-design-video/id897446215

2.Bagi kamu yang menggunakan desktop atau laptop, dapat mengunjungi langsung situs resminya di canva.com.

Membuat kartu ucapan digital permohonan maaf jelang puasa Ramadan 2020.

3.Jika sudah mengakses Canva, baik itu melalui situs ataupun aplikasi, silakan log in atau daftar. Kamu dapat mendaftar menggunakan akun Google, akun Facebook, dan email.

4.Setelah masuk ke Canva, silakan gunakan kolom pencarian di atas. Kamu tinggal tuliskan saja kata kunci “Ramadan”. Kemudian, akan muncul beberapa template mengenai Ramadan.

Membuat kartu ucapan digital permohonan maaf jelang puasa Ramadan 2020.

5.Silakan pilih salah satu template yang kamu sukai. Ingat, ada beberapa template yang gratis, ada juga yang berbayar.

6.Berikutnya, tugasmu adalah mengedit kata-kata yang tertera. Kamu bisa menuliskan kalimat ucapan permohonan maaf sesuai dengan apa yang diinginkan.

Membuat kartu ucapan digital permohonan maaf jelang puasa Ramadan 2020.

Cara untuk mengedit tulisannya pun mudah. Kamu tinggal klik saja atau tap tulisan template yang hendak diedit. Setelah diubah tinggal save saja.

Saya menyarankan agar kamu tak mengubah-ubah desainnya. Kecuali kalau kamu memang sudah terbiasa dalam mengubah tampilan visual sebuah desain. Pasalnya, jika diubah takutnya kartunya menjadi tak serapi dan sebagus aslinya.

7.Setelah save kartu ucapannya, tinggal kirim deh melalui WhatsApp atau medsos.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Skema Whitelist di Kebijakan Pemblokiran Ponsel BM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *