Cara Buat Foto 3×3 Instagram Feed Jadi Bagus dan Estetis

3x3 Instagram
(Sumber gambar: Instagram)

Topik mengenai 3×3 Instagram trending di media sosial Twitter pada Selasa 20 Oktober 2020. Usut punya usut, topik tersebut jadi populer lantaran pengguna Twitter ramai-ramai menggunggah screenshot tampilan kotak 3×3 atau 9 foto dari feed akun Instagram-nya.

Jadi, warganet saling beradu estetika, feed siapa yang paling rapi dan paling indah. Ada yang memamerkan 9 foto tersusun rapi lantaran masih satu tone warna. Ada juga yang memamerkan 9 foto feed-nya dengan tema yang sama, misalnya tema traveling.

Nah, buat Anda yang ingin ikut tren ini namun feed Instagram-nya masih belum rapi atau kurang estetis, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk membuat 3×3 atau 9 fotomu di Instagram menjadi tampil lebih menarik. Simak selengkapnya di bawah ini:

Membuat foto 3×3 Instagram jadi satu tone warna dengan aplikasi

(Sumber gambar: VSCO di PlayStore)

Dulu, ketika Instagram baru awal-awal populer di Indonesia, aplikasi editing foto seperti VSCO dan Snapseed sangat digemari. Melalui kedua aplikasi tersebut, pengguna bisa mengatur tone warna dari sebuah foto. Bahkan, pengguna bisa konsisten membuat semua foto yang diambilnya di-edit menjadi satu tone warna yang sama.

Tak heran, hanya berbekal aplikasi ini, banyak pengguna Instagram yang menjadi punya followers banyak gara-gara konsisten mengunggah foto yang estetis dan menarik.

Baca juga: Cara Ganti Ikon Instagram Jadi Klasik, Rayakan Ultah IG ke-10

Menariknya, VSCO dan Snapseed bisa diunduh secara gratis melalui PlayStore untuk pengguna HP Android, dan melalui AppStore untuk pengguna HP iPhone. Berikut ini adalah tautan atau link-nya: PlayStore | AppStore

Perlu diketahui, beberapa preset yang tersedia di dua aplikasi tersebut ada yang tersedia secara gratis, ada juga yang berbayar. Namun, untuk coba-coba, Anda bisa memanfaatkan preset gratis terlebih dahulu. Anda dapat meng-edit tone warna sebuah foto jadi warm, cool, dan lain sebagainya.

Memecah 1 foto jadi 9 kotak

(Sumber gambar: 9 Cut di PlayStore)

Nah, jika banyak warganet mengunggah 3×3 atau 9 fotonya berbeda gambar semua, Anda bisa mengunggah sesuatu yang beda, yaitu mengunggah 1 foto yang dipecah jadi 9 kotak.

Hasilnya, dari 9 kotak di feed Instagram Anda akan terlihat itu masih satu foto yang menyambung. Atau, orang-orang biasa menyebut foto itu sebagai grid.

Baca juga: Cara Membagikan Profil Instagram dengan QR Code

Untuk bisa memecah 1 foto menjadi 9 kotak foto, Anda bisa menggunakan aplikasi di HP. Ada beberapa aplikasi yang tersedia gratis di AppStore maupun PlayStore. Satu aplikasi itu misalnya adalah 9 Cut. Berikut adalah tautan untuk mengunduhnya: PlayStore | AppStore

Namun perlu dicatat, sebaiknya 1 foto yang akan dipecah jadi 9 foto harus memiliki resolusi dan kualitas yang baik. Selain itu, saat mengunggahnya ke feed Instagram, harus berurutan agar 1 kotak foto ke kotak foto lainnya bisa menyambung.

Mengunggah foto yang masih 1 tema

Nah, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, agar feed 3×3 Instagram jadi semakin menarik, Anda bisa mengunggah satu tema foto. Misalnya, Anda seorang traveler, maka bisa hanya mengunggah satu foto bertema traveling di akun Instagram Anda. Bahkan, Anda bisa lebih spesifik lagi, misalnya mengunggah foto traveling di pantai saja.

Atau, apabila Anda senang berjalan-jalan di daerah perkotaan, maka Anda bisa mengunggah foto-foto tentang arsitektur sebuah gedung, fasilitas publik yang menarik, bahkan tentang aktivitas masyarakat di perkotaan.

Baca juga: Video Call Instagram Bisa Sampai 50 Orang, Ini Caranya

Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan tips yang sebelumnya telah dibahas, yakni menggunakan 1 tone warna atau menggunggah grid.

Itulah beberapa cara agar membuat foto 3×3 Instagram feed Anda semakin menjadi menarik. Untuk mengunggah foto tersebut ke Twitter, tentu Anda cukup mengambil tangkapan layar atau screenshot-nya saja.

Anda punya tips lain? Tulis di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *