Cara Akses Kamera di HP Lain Pakai Aplikasi TrackView

Cara Akses Kamera di HP Lain Pakai Aplikasi TrackView
(Sumber gambar: Pixabay)

TrackView, sebuah aplikasi untuk menghubungkan perangkat ponsel pintar (HP), tablet, dan laptop menjadi viral. Penyebabnya, ada sebuah video TikTok yang menunjukkan, seorang pengguna bisa mengakses kamera depan HP pacarnya dari jarak jauh menggunakan HP-nya.

Salah satu aplikasi yang bisa melakukan fungsi seperti itu adalah TrackView. Menurut laman resminya, aplikasi tersebut memang mempunyai fungsi untuk bisa mengakses HP di kamera lain. Namun, perlu dicatat, penggunaan sebenarnya adalah menjadikan HP di kamera lain itu sebagai kamera pengawas untuk fungsi keamanan.

Jadi, misalnya Anda sedang bepergian, Anda tetap bisa memantau keadaan di dalam rumah seperti apa bermodalkan aplikasi tersebut dan dua perangkat. Atau, aplikasi dapat berguna apabila ingin memantau kondisi bayi atau anak Anda yang sedang berada di rumah.

Cara Akses Kamera di HP Lain Pakai Aplikasi TrackView
(Sumber gambar: trackview.net)

Kurang lebih, fungsi dari aplikasi ini mirip dengan CCTV. Namun tentu saja, salah satu kelemahan CCTV adalah, perangkatnya tak bisa dipindah-pindahkan layaknya sebuah HP.

Dalam tulisan ini, Teknonia.com mencoba memaparkan cara mengakses kamera di HP lain menggunakan aplikasi tersebut. Tapi perlu digaris bawahi, harap gunakan fitur di aplikasi ini untuk urusan keamanan saja. Jangan langgar privasi orang-orang di sekitarmu.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android HP Samsung di PC/Laptop

Berikut adalah caranya:

  • Silakan unduh atau download terlebih dahulu aplikasinya. Berikut adalah tautannya: PlayStore | AppStore | CNET (Windows) | CNET (Mac).
  • Pasang aplikasi itu minimal di dua perangkat. Anda bisa memasangnya di HP, tablet, atau PC (laptop).
  • Jika sudah, silakan masuk ke aplikasi tersebut. Agar dua perangkat (atau lebih) yang sudah terpasang Trackview bisa terhubung, pastikan log in dengan satu akun Gmail yang sama di aplikasinya.
  • Apabila sudah terhubung, di dalam menu aplikasinya akan tampil perangkat mana saja yang saling terhubung.
  • Untuk mulai mengakses kamera di HP lain, silakan pilih logo kamera di tampilan perangkat yang muncul dalam menu. Jangan lupa untuk menyimpan posisi HP yang kameranya akan diakses secara tepat. Misal, apabila Anda ingin memantau pintu depan rumah, pastikan kamera HP-nya menghadap pintu tersebut.
  • Selain memantau secara real-time, Anda juga bisa merekam video dengan menggunakan kamera di HP lain yang sedang diakses itu.
  • Lebih kerennya lagi, perangkat tersebut masih bisa saling terhubung, meskipun lokasinya berjauhan sampai beda negara. Asalkan sama-sama terhubung ke jaringan internet dan masih terhubung dalam satu akun Gmail sama di aplikasinya, maka perangkat masih terhubung.

Apabila Anda masih belum paham cara menggunakan TrackView, bisa mengakses laman FAQ di situs resminya di trackview.net. Atau, Anda juga bisa menonton video di bawah ini:

Fungsi lain TrackView

Selain bisa digunakan untuk mengakses kamera di HP lain, aplikasi ini juga punya beragam fitur lainnya. Fitur ini sebagian besar masih berkaitan dengan keamanan.

Berikut adalah fitur-fitur lainnya:

Find my phone and friends

Untuk menemukan apa saja dari anak-anak Anda, pasangan Anda, atau mobil Anda. Bisa juga digunakan untuk menemukan perangkat yang hilang dan menangkap pencurian.

Instant alert

Mengirim pesan peringatan secara instan ke perangkat seluler Anda apabila ada kejadian tertentu di rumah atau tempat lain yang sudah ditempatkan perangkat terhubung.

Baca juga: Membuat HP Jadi Webcam Laptop via Aplikasi DroidCam

Remote recording

Memanfaatkan perangkat lain yang terhubung untuk merekam audio atua suara di sekitarnya. Suara yang direkam berkualitas tinggi.

Two-way audio

Berkomunikasi via push-to-talk (mirip handy talky) menggunakan perangkat yang terhubung.

Remote Buzz

Bisa ponsel Anda secara cepat dengan menelepon menggunakan remote buzz. Perangkat akan berdering meskipun dalam mode senyap atau silent mode.

(Sumber gambar: trackview.net)

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari aplikasi tersebut yang bisa Anda manfaatkan:

  • Untuk menemukan perangkat seluler Anda yang salah tempat atau dicuri. Caranya bisa menggunakan pelacakan lokasi, buzz, dan pemantauan video / audio.
  • Untuk memantau rumah Anda melalui pengawasan video / audio di perangkat seluler Anda dari mana saja.
  • Untuk mendeteksi berbagai peristiwa seperti gerakan, suara, dan informasi sensor lainnya di rumah Anda dan untuk membuat Anda tetap waspada di mana pun berada.
  • Untuk mengetahui di mana mobil Anda diparkir dan untuk memantau apa yang terjadi di sekitar mobil Anda.
  • Untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman dengan melacak lokasi mereka dan mengetahui lingkungan mereka.
  • Pemantauan video / audio jarak jauh dan perekaman pihak dan tempat yang berkepentingan. Untuk lebih lengkap silakan baca beberapa skenario penggunaan aplikasi ini: skenario.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Crash karena Wallpaper Viral

Itulah dia tulisan mengenai cara mengakses kamera di HP lain dan beberapa fitur lainnya dari TrackView. Sekali lagi kami ingatkan, jangan menyalah gunakan aplikasi ini. Jangan langgar privasi orang-orang di sekitarmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *