Benarkah Kuota 30GB Telkomsel Bisa untuk Internet Reguler?

Ilustrasi menggunakan paket data gratis selama masa pendemi corona.
Ilustrasi menggunakan kuota gratis Telkomsel selama masa pendemi corona (Pixabay)

Selama masa pendemi corona seperti saat ini, beberapa operator seluler di Indonesia memberikan paket data gratis atau murah. Termasuk Telkomsel, salah satu operator seluler terbesar di tanah air ini, menawarkan beberapa paket internet gratis.

Masyarakat memang diwajibkan untuk tak keluar rumah dulu agar penyebaran virus corona berkurang atau hilang. Karena itu, aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah, seperti sekolah di lembaga pendidikan formal atau bekerja di kantor, kini dilakukan di rumah.

Jadi, beberapa paket data yang ditawarkan oleh beberapa operator seluler itu, bisa membuat masyarakat yang bekerja di rumah atau belajar di rumah menjadi nyaman. Mereka tak perlu khawatir kehabisan kuota atau paket data internet. 

Namun, pada akhirnya tak sedikit pengguna yang salah kaprah, menyangka paket-paket tersebut bisa digunakan untuk keperluan reguler. Padahal, sejatinya paket-paket itu hanya diperuntukkan buat keperluan belajar di rumah atau bekerja di rumah (work from home).

Baca juga tulisan menarik lainnya: Cara Sederhana Bersihkan HP untuk Cegah Corona.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Tak sedikit warganet yang tak membaca informasi secara jelas. Bisa jadi mereka terpengaruh oleh postingan di media sosial atau blog yang kebenarannya tak bisa dipertanggungjawabkan.

Di media sosial misalnya, viral sebuah video yang memperlihatkan cara mengaktifkan paket Telkomsel internet 30GB. Sayangnya, keterangan di video tersebut tak menjelaskan lebih lanjut paket itu ditunjukkan untuk keperluan apa.

Ilustrasi menggunakan kuota internet gratis Telkomsel di tengah pandemi corona.
Ilustrasi menggunakan kuota internet gratis Telkomsel di tengah pandemi corona (Pixabay)

Video itu salah satunya diunggah oleh akun Twitter @Paltiwest. Dia mengunggah video tutorial cara mengaktifkan paket internet 30GB seharga Rp 10, yang sebenarnya itu adalah paket untuk CloudX.

“Yang kemarin minta kuota@Telkomsel silahkan ya.. Udah nyoba. Berhasil. Hidup telkomsel. Paket internet 30GB hanya Rp. 10,” tulis akun @Paltiwest.

Di postingan tersebut, sejumlah warganet banyak bertanya-tanya, paket itu untuk keperluan apa. Ada juga warganet yang menjawab paket itu untuk CloudX.

Akun Telkomsel juga turut menjelaskan mengenai CloudX.  “Hai, Kak. CloudX adalah solusi untuk pelanggan enterprise yang membutuhkan layanan office communication dengan layanan utama Virtual PABX, Contact Center, Unified Communication dan Call Me Now.”

Tak hanya video itu, beberapa waktu yang lalu saya juga sempat melihat ada postingan sebuah blog yang menyebut kuota 30GB untuk keperluan belajar dan bekerja online itu bisa diubah menjadi internet reguler.
Postingan tersebut jelas sebuah kebohongan. Namun anehnya, postingan itu viral dan banyak dipercayai warganet.

Ilustrasi menggunakan kuota internet gratis Telkomsel di tengah pandemi corona.
Ilustrasi menggunakan kuota internet gratis Telkomsel di tengah pandemi corona (Pixabay)

Jadi melalui tulisan ini, saya ingin memastikan, untuk sementara paket-paket yang diberikan oleh operator seluler masih sebatas untuk mendukung masyarakat yang bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Berdasarkan beberapa keterangan dari portal berita, belum ada paket gratis 30GB untuk penggunaan reguler.

Untuk sementara ini, paket gratis yang ditawarkan dalam jumlah besar, masih untuk keperluan belajar di rumah atau bekerja di rumah. Melalui paket tersebut, pengguna bisa mengakses beberapa platform belajar online.

Telkomsel misalnya, menyediakan paket Ilmupedia dan Ruangguru. Kedua paket tersebut sama-sama memberikan kuota sebesar 30GB dan gratis.

Untuk Ilmupedia, bisa digunakan buat mengakses platform seperti Zenius, Sekolahmu, Bahaso, dan lain-lain. Sedangkan, untuk Ruangguru, sesuai namanya, bisa digunakan untuk mengakses platform Ruangguru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *