Beda Spesifikasi Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro, NFC Ada?

Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro
(Sumber gambar: Realme dan Xiaomi)

Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro adalah dua ponsel atau HP kelas menengah. Dua HP tersebut dibanderol di kisaran Rp 3 jutaan.

Secara lebih rinci, Redmi Note 9 Pro varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB dibanderol Rp 3,4 jutaan. Lalu, varian 8 GB dan RAM 128 GB dibanderol Rp 3,8 jutaan.

Sementara itu, Realme 7 dibanderol Rp 3,9 jutaan. Variannya hanya ada satu, yaitu RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Kini, dua HP tersebut kerap dibanding-bandingkan, baik dari segi spesifikasi maupun dari aspek-aspek lainnya seperti desain. Dalam tulisan ini, Teknonia.com juga akan mencoba membandingkan kedua ponsel itu. Simak selengkapnya:

Desainnya sudah sama-sama kekinian dan punya ciri khas masing-masing

Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro
(Sumber gambar: Xiaomi)

Dari segi desain, dua HP ini sudah memiliki desain yang sama-sama kekinian dan punya ciri khas masing-masing.

Di bagian depan, sudah sama-sama menggunakan punch-hole atau lubang kamera kecil untuk menyimpan kamera depannya.

Perbedaan dari segi desainnya ada di bagian belakang. Di mana di Realme 7, kamera belakangnya ditempatkan di bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Bingkai itu berada di pojok kiri-atas.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7i di Indonesia

Kemudian, yang membuat desain Realme 7 semakin menarik adalah adanya efek sedikit mengkilat. Efek itu seperti dipisahkan oleh garis vertikal yang memanjang dari bingkai kamera sampai ke bawah, ke tulisan “realme”.

Beralih ke Redmi Note 9 Pro, desain bagian belakangnya terlihat berbeda. Kamera belakangnya ditempatkan dalam bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Bingkai tersebut ditempatkan di tengah-atas.

Bagian belakang Redmi Note 9 Pro tak memiliki efek atau aksen apa-apa. Desain belakangnya polos. Hanya ada tulisan “Redmi” saja di bagian bawah-tengah.

Refresh layar di Realme 7 lebih tinggi dari Redmi Note 9 Pro

Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro
(Sumber gambar: Realme)

Untuk urusan layar, dua HP ini sama-sama menggunakan panel IPS LCD. Resolusinya juga sama, yaitu FHD+, 1.080 x 2.400 piksel.

Perbedannya hanya pada refesh rate dan diagonalnya saja. Yang mana, refresh rate di Realme 7 sudah 90 Hz, lalu diagonalnya adalah 6,5 inci.

Sementara itu, di Redmi Note 9 Pro, refresh rate-nya baru 60 Hz. Namun, diagonalnya sedikit lebih lapang, yaitu 6,67 inci.

Baca juga: Bandingkan Spek Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 9 Pro pakai Snapdragon 720G, Realme 7 pakai MediaTek Helio G95

System-on-chip atau SoC yang digunakan dari dua ponsel ini berbeda. Redmi Note 9 Pro menggunakan Snapdragon 720 G. Sementara itu, Realme 7 menggunakan MediaTek Helio G95.

Menurut laman Kimovil, skor Antutu v8 Redmi Note 9 Pro versi 8/128 GB mencapai 274.596. Sedangkan, Realme 7 dengan RAM 8 GB dan internal 128 GB mendapatkan skor 290.582.

Sebagai perbandingan lainnya, Realme 7 mampu menjalankan game PUBG Mobile dalam settingan maksimalnya adalah HD-high. Di Redmi Note 9 Pro, PUBG Mobile (sementara) juga bisa dimainkan dalam settingan grafik dan frame rate maksimal HD-high.

Sama-sama dilengkapi empat kamera belakang dan satu kamera depan

Dua HP ini sama-sama dilengkapi satu kamera depan dan empat kamera belakang (quad-camera).

Pada Redmi Note 9 Pro, kamera belakangnya beresolusi 16 megapiksel (f/2.5, wide). Kemudian, kamera belakangnya berkonfigurasi 64 MP (f/1.89, wide, PDAF), 8 MP (f/2.2, ultrawide), 5 MP (f/2.4, macro, AF), 2 MP (f/2.4, depth sensor).

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur NFC Redmi Note 9 Pro untuk eMoney

Sementara itu, pada Realme 7, kamera depannya beresolusi 16 megapiksel. Lalu, kamera belakangnya berkonfigurasi kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.3), kamera macro 2 MP (f/2.4), satu lagi kamera depth sensor (f/2.4).

Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro sama-sama dilengkapi baterai berkapasitas besar

(Sumber gambar: Xiaomi)

Untuk urusan baterai, dua HP ini sama-sama menggunakan baterai berkapasitas besar. Redmi Note 9 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 5.020 mAh. Lalu, Realme 7 dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Untuk fitur pengisian daya cepat, ponsel-ponsel ini juga sama-sama sudah mendukung. Redmi Note 9 Pro punya fitur fast charging 30W. Kemudian, Realme 7 punya fitur 30W Super Dart.

Baca juga: Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7 Pro, Chipset-nya Berbeda

Fitur lain

Satu lagi kelebihan Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro adalah sudah sama-sama memiliki NFC. Fitur ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia.

NFC salah satunya berguna agar di perangkat, pengguna bisa mengecek saldo hingga isi ulang saldo eMoney.

Itulah perbandingan spesifikasi antara Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro. Apakah Anda punya satu dari dua HP tersebut? Jika iya, yuk bagikan pengalaman Anda di Facebook atau Twitter Teknonia.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *