Beberapa Tips Bermain TikTok Biar Videomu Viral

Aplikasi TikTok
TikTok (Sumber gambar: PlayStore)

Tak dapat dipungkiri lagi, platform atau aplikasi TikTok kini tengah digandrungi warganet di Indonesia. Mulai dari masyarakat biasa, selebritas, politikus tersohor, hingga lembaga ramai-ramai menggunakan platform itu.

TikTok sebenarnya bukan aplikasi yang baru. Berdasarkan keterangan Google PlayStore, apps ini dirilis pada 2017 di toko aplikasi tersebut. Hal yang sama juga tercatat di App Store. Namun, di negeri asalnya, apps ini dirilis pada 2016.

Di Indonesia, aplikasi ini memang sempat cukup populer. Aplikasi dari Tiongkok ini bahkan sampai-sampai melahirkan selebritas baru, misalnya saja Bowo.

Secara singkatnya, melalui platform yang didirikan oleh Zhang Yiming ini, memungkinkan penggunanya untuk berkreasi membuat video dengan latar musik atau lagu dan efek yang menarik. Tak jarang, pengguna lebih memilih berjoget dalam video yang dibuatnya.

Video yang dibuat pun tak terlalu panjang, hanya beberapa detik atau menit saja. Berbeda dari video di YouTube yang posisinya landscape, video di platform ini posisinya portrait. Hal ini jadi masuk akal lantaran kamera yang digunakan adalah kamera depan dan penggunanya bisa melihat di layar mereka berjoget seperti apa.

Baca tulisan menarik lainnya: Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android Versi Beta

Setelah membuat video di platform berlogo nada berwarna hitam dan putih itu, biasanya pengguna meng-upload-nya di platform lain seperti Twitter, Instagram, atau Facebook. Di platform lain inilah biasanya video pengguna viral dan ditonton banyak warganet.

Jadi, buat kamu yang juga berambisi ingin videonya viral, saya akan paparkan beberapa tips. Tentu saja, yang namanya tips enggak serta merta menjamin langsung berhasil. Tapi seenggaknya, patut dicoba atau diterapkan dulu.

Usahakan Memakai Lagu yang Trending di TikTok

Aplikasi TikTok
Tiktok (Sumber gambar: PlayStore)

Usahakan membuat video TikTok dengan lagu yang sedang trending. Ya, pasalnya lagu trending biasanya familiar didengar orang.

Kalau lagunya sedang trending, orang-orang yang melihat videomu pun betah. Apalagi kalau dalam video tersebut aksi yang dilakukan olehmu atau teman-temanmu menarik atau jenaka.

Beberapa lagu yang trending itu biasanya adalah lagu-lagu remix. Akhir-akhir ini, lagu Bagaikan Langit yang populer dinyanyikan Melly Goeslaw trending di platform tersebut.

Coba untuk Mengikuti Challenge yang Sedang Tren

Aplikasi TikTok
TikTok (sumber gambar: PlayStore)

Lagu yang trending biasanya juga diiringi challenge atau tantangan. Misalnya lagu Bagaikan Langit, trending dengan Bagaikan Langit Challenge-nya. Ada juga hashtag atau tagar yang disertakan agar orang lebih gampang melihat-lihat videonya.

Biasanya, gerakan dalam video challenge itu serupa. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot membuat gerakan baru. Cukup ikuti saja pengguna lain yang sudah membuatnya, lalu kreasikan agar lebih menarik.

Setelah membuat videonya, jangan lupa juga upload ke platform lain. Sertakan tagar yang sesuai dengan challenge-nya.

Ingat, jangan mengikuti challenge atau tantangan yang berpotensi mengundang hal berbahaya. Berkaca dari tren di platform lain, selalu saja ada challenge yang berpotensi mengundang bahaya, tapi masih banyak dilakukan orang.

Konsisten Membuat Video

TikTok (sumber gambar: PlayStore)

Tak ada yang mengalahkan hasil dari usahaa yang konsisten. Kira-kira itulah kalimat yang pantas menggambarkan sebuah konsistensi.

Konsistensi atau sering online membuat video ternyata juga berpengaruh ke algoritma aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 100 juta kali di PlayStore itu.

Menurut laman NexTren, saat pengguna sering online dan rajin bikin video, maka video-videonya bakal lebih sering direkomendasikan untuk ditonton pengguna lain. Kira-kira, algoritma seperti ini diterapkan oleh YouTube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *