Baterai Boros Setelah iPhone Update iOS 14? Ini Cara Atasinya

Baterai Boros Setelah iPhone Update iOS 14
(Sumber gambar: Pixabay)

Baterai boros adalah satu masalah yang banyak dikeluhkan pengguna iPhone setelah update sistem operasi ke iOS 14. Sejumlah netizen bahkan ramai-ramai mengadukan masalah tersebut di media sosial.

Warganet di Twitter dengan nama akun @pratishgupta16 misalnya. Dia menulis bahwa baterai di perangkatnya berkurang dari 90 persen ke 3 persen hanya dalam waktu satu jam saja.

Sementara itu, pengguna dengan nama akun @LJDEM juga menuliskan hal serupa. Menurutnya, update iOS 14.0.1 yang diberikan oleh Apple pun belum bisa menyelesaikan masalah.

Baca juga: Spesifikasi iPhone SE 2020 Indonesia, Baterai Tahan Lama?

Laman The Verge juga menuliskan hal senada. Update di iOS 14.0.1 belum bisa menyelesaikan masalah dari iOS 14. Karena itu, bagi Anda yang belum meng-update sistem operasi di perangkat iPhone-nya ke iOS 14, sebaiknya tahan dulu, jangan buru-buru update.

Menurut gadgets.ndtv, diperkirakan Apple akan merilis iOS 14.0.2 dalam waktu dekat. Pembaruan tersebut hadir untuk mengatasi masalah baterai. Jadi, seperti yang telah kami sebut sebelumnya, Anda yang belum update iOS, sebaiknya menunggu beberapa hari lagi.

Nah, sebenarnya Apple sudah merilis dokumen di laman resminya yang berisi cara-cara untuk mengatasi permasalahan baterai pada iOS 14. Namun, cara-cara yang dipaparkan bisa jadi berisiko dan membuat pengguna awam bingung.

Alih-alih meminta pengguna untuk mengatur pengaturan tertentu saja, dalam dokumen itu justru dijelaskan, pengguna harus menghapus terlebih dulu semua konten dan pengaturan dari iPhone yang kondisi baterainya boros setelah update iOS 14.

(Sumber gambar: Apple)

Apple menyebut, cara tersebut dapat dilakukan apabila pengguna menemukan dua atau lebih masalah akibat update ke iOS 14. Perlu diketahui, selain baterai menjadi boros, masalah lain yang dialami sejumlah pengguna akibat update iOS 14 adalah hilangnya data fitness, aplikasi kesehatan yang tak bisa dibuka, sampai tidak akuratnya informasi data yang tersimpan.

Bagi Anda yang ingin tetap mencoba cara yang disarankan Apple tersebut, berikut kami paparkan langkah-langkahnya:

Baca juga: Rincian Harga iPhone SE 2020 yang Dijual di Indonesia

Langkah-langkah atasi baterai boros iOS 14

  • Apabila iPhone dan Apple Watch Anda masih terhubung, sebaiknya lakukan “unpair” atau putuskan koneksinya terlebih dahulu.
  • Setelah itu, silakan backup semua file penting ke iCloud.
  • Berikutnya, hapus semua konten yang tersimpan di perangkat iPhone milik Anda.
  • Setelah itu, silakan restore atau kembalikan lagi file yang sudah di-backup ke perangkat iPhone Anda.

Sekali lagi kami tekankan, apabila cara ini masih belum bisa mengatasi baterai boros di iOS 14, maka Anda harus menunggu sampai ada pembaruan atau update iOS berikutnya dari iPhone.

Baca juga: iOS 14: Kelebihan, HP iPhone yang Mendukung, dan Cara Update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *