Bandingkan Spek Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro adalah dua ponsel yang selalu dibanding-bandingkan. Padahal, keduanya merupakan ponsel dari Xiaomi, di mana Note 9 Pro adalah penerus dari Note 8 Pro.

Tak sedikit calon pembeli yang bakal mempertimbangkan antara Note 9 Pro atau Note 8 Pro, jika punya dana Rp 3 jutaan dan ingin membeli HP kelas menengah dengan performa yang oke dan adanya fitur NFC.

Jadi, dalam tulisan ini, kami mencoba untuk membandingkan dari segi desain, spesifikasi, hingga harga di antara Note 9 Pro atau Note 8 Pro. Mana yang lebih unggul?

Baca juga: 4 HP MediaTek Helio G90T, Realme Narzo – Redmi Note 8 Pro

Desain Redmi Note 9 Pro lebih kekininan dibanding Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 9 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Note 9 Pro memiliki desain bagian depan yang lebih menarik. Di mana, kamera depannya ditempatkan di lubang atau punch-hole kecil.

Lubang kamera depan tersebut berada di tengah-atas. Sehingga, layarnya terkesan lebih lapang. Ditambah lagi, bezel atau pinggiran dari Note 9 Pro juga cukup tipis.

Beralih ke bagian belakang, empat kamera dari Note 9 Pro ditempatkan dalam “wadah” kamera berbentuk persegi panjang dengan ujung melengkung. “Wadah” tersebut berada di tengah-atas.

Lalu, bodi belakang dari Note 9 Pro ini juga terkesan mewah lantaran dilapisi oleh kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Jika desain bodi bagian belakang Note 9 Pro terkesan beda, desain dari Note 8 Pro justru banyak dipakai oleh ponsel keluaran 2019-2020.

Baca juga: Redmi 9A atau Infinix Hot 9 Play? Ini Rekomendasi Kami

Di bagian depan, tepat di tengah-atas, terdapat poni yang bentuknya seperti tetesan air. Desain poni yang menyimpan kamera depan itu memang lazim digunakan pada ponsel keluaran tahun 2019.

Di tahun 2020 ini, perlahan desain tersebut sudah mulai ditinggalkan. Kebanyakan, ponsel kelas menengah menggunakan lubang atau punch-hole kecil sebagai “wadah” kamera depan.

Sementara itu, di bagian belakang, empat kamera belakang dari Note 8 Pro ditempatkan berderet vertikal di tengah-atas.

Bodi dari Note 8 Pro juga sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 5. Jadi, bodi belakangnya juga terkesan mewah karena ada efek kilauan.

Spesifikasi layar kedua HP ini hampir sama

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 8 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Dari segi layar, sepertinya tak ada perbedaan yang terlalu mencolok di antara Redmi Note 8 Pro atau Redmi Note 9 Pro.

Kedua ponsel ini sama-sama meggunakan layar IPS LCD. Yang mana diagonalnya di Note 8 Pro adalah 6,53 inci, dan di Note 9 Pro adalah 6,67 inci.

Lebih lanjut lagi, layar di Note 8 Pro punya resolusi 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19:9. Lalu di Note 9 Pro punya resolusi 1.080 x 2.400 piksel, rasio 19,5:9.

Layar dari kedua ponsel ini juga tak mudah tergores. Pasalnya, sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Baca juga: Redmi 9A Harganya Murah tapi Layar Lega, Baterai Besar

Di atas kertas, performa Redmi Note 8 Pro justru lebih unggul

Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 8 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Beralih ke sektor dapur pacu, ada perbedaan signifikan dari Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro.

Note 8 Pro menggunakan chipset MediaTek Helio G90T (Octa-core (4×2.05 GHz, 4×2.0 GHz)), dan GPU Mali-G76 MC4. Kemudian, Note 9 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G (CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)) dan GPU Adreno 618.

Chipset di Note 8 Pro dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Lalu di Note 9 Pro, chipset-nya dipadukan dengan RAM 6 atau 8 GB dan memori internal 64 atau 128 GB.

Dari segi performa, manakah yang lebih unggul?

Baca juga: Perlukah Upgrade dari Redmi Note 8 ke Redmi Note 9 Series?

Berdasarkan penilaian di atas kertas, Note 8 Pro memiliki capaian skor benchmark Antutu V8 sebanyak 292.510. Sementara itu, Note 9 Pro justru mendapatkan skor Antutu V8 274.596. Semua skor tersebut kami peroleh dari laman Kimovil.

Pada 26 Juli 2020, channel YouTube TeddyKho juga telah membandingkan performa gaming dari kedua ponsel itu.

Hasilnya, PUBG Mobile (sementara) bisa dimainkan dalam settingan grafik dan frame rate smooth-ultra hingga HD-high di Note 9 Pro. Kemudian, game besutan Tencent tersebut bisa dimainkan dalam settingan smooth-extreme hingga high-ultra di Note 8 Pro.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan setelah beberapa update berikutnya, PUBG Mobile juga bisa dimainkan dalam settingan smooth-extreme di Note 9 Pro.

Kapasitas baterai di Redmi Note 9 Pro lebih besar

Untuk urusan baterai, sepertinya Note 8 Pro harus mengakui keunggulan “adiknya”, Note 9 Pro.

Note 9 Pro memiliki baterai berkapasitas 5.020 mAh. Baterai tersebut sudah didukung pula dengan pengisian daya cepat 30 Watt. Lantas, Note 8 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat 18 Watt.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Konfigurasi kamera nyaris sama

Redmi Note 9 Pro (Sumber gambar: Xiaomi Indonesia)

Beralih ke sektor fotografi, sepertinya dua ponsel ini memiliki konfigurasi kamera yang tak terlalu berbeda.

Kamera belakang di Note 9 Pro berkonfigurasi 64 MP (f/1.89, wide, PDAF); 8 MP (f/2.2, ultrawide); 5 MP (f/2.4, macro, AF); 2 MP (f/2.4, depth sensor). Sedangkan di Note 8 Pro konfigurasi kameranya adalah 64 megapiksel, f/1.9, PDAF, wide lens; 8 megapiksel, f/2.2, ultrawide lens; 2 megapiksel, f/2.4, macro lens; dan 2 megapiksel, f/2.4, depth sensor.

Di atas kertas, perbedaannya hanya ada pada lensa makro. Di mana pada Note 9 Pro, lensa makronya lebih tinggi.

Sedikit perbedaan lain di sektor fotografi adalah di kamera depan atau kamera selfie-nya.

Note 8 Pro ternyata punya resolusi kamera yang lebih tinggi, yaitu 20 megapiksel, f/2.0. Sementara di Note 9 Pro resolusi kamera depannya adalah 16 MP (f/2.5, wide).

Baca juga: Redmi Note 9 Disokong MediaTek Helio G85

Spesifikasi lain

Ilustrasi NFC di HP (Sumber gambar: Pixabay)

Layaknya HP Xiaomi lainnya, kedua ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan IR blaster. Berkat inframerah itu, pengguna bisa mengendalikan TV hingga AC hanya menggunakan HP Xiaomi-nya.

Lalu, menariknya, baik Note 8 Pro maupun Note 9 Pro juga sama-sama telah dilengkapi fitur NFC. Inilah fitur yang membuat kedua HP tersebut jadi punya nilai lebih dibanding ponsel kelas menengah lain.

Fitur NFC ini memudahkan pengguna untuk cek saldo hingga isi ulang eMoney. Di kota-kota besar, eMoney bisa digunakan untuk berbelanja, bayar transportasi umum, hingga bayar jalan tol.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur NFC Redmi Note 9 Pro untuk eMoney

Harga Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro

Harga dari kedua HP ini pun tak terpaut jauh.

Redmi Note 8 Pro varian RAM dan internal 6 GB dan 64 GB dibanderol Rp 3 juta. Sedangkan yang varian RAM dan internal 6 GB dan 128 GB dibanderol Rp 3,4 juta.

Sementara itu, Redmi Note 9 Pro varian RAM dan internal 6 dan 64 GB dibanderol Rp 3,5 juta. Lalu, untuk yang varian RAM 8 GB dan internal 128 GB dibanderol Rp 3,9 juta.

Kesimpulan

Itulah perbandingan spesifikasi dari dua ponsel kelas menengah Xiaomi yang kerap jadi pilihan calon pembeli.

Kesimpulannya, Redmi Note 9 Pro punya desain yang lebih kekinian dan beda. Tak hanya itu, Note 9 Pro juga unggul dalam hal kapasitas baterai dan dukungan pengisian daya cepatnya.

Kendati begitu, untuk meminang Note 9 Pro Anda harus merogoh kocek sedikit lebih tinggi daripada Note 8 Pro.

Sebaliknya, Redmi Note 8 Pro lebih unggul dalam hal resolusi kamera depan, performa (di atas kertas), dan juga harga yang lebih murah dibanding penerusnya tersebut.

Jadi, Anda pilih mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *