Bandingkan Bocoran Desain Samsung Galaxy S11-iPhone 11

Bocoran desain Samsung Galaxy S11 dan desain iPhone 11
Bocoran desain Samsung Galaxy S11 dan desain iPhone 11 (Phone Arena)

Bicara soal smartphone Samsung rasanya belum lengkap kalau enggak dibandingkan dengan pesaingnya. Satu di antara sejumlah pesaing kuatnya adalah Apple iPhone.

Beberapa hari yang lalu saya baru saja melihat gambar bocoran desain dari ponsel atau HP yang katanya bakal jadi gadget keluaran teranyar dari Samsung, yaitu Galaxy S11.

Sebenarnya Samsung Galaxy S11 digadang-gadang akan dirilis pada Februari 2020. Tapi, beberapa bocoran gambar desainnya sudah menyebar di internet. Satu di antaranya, desain dari S11 ini sudah mejeng di Phone Arena.

Saya yakin, kamu yang akan membeli smartphone, salah satu pertimbangannya adalah soal desain dari si perangkatnya itu sendiri. Pastinya bakal ogah dong kalau beli HP yang desainnya enggak enak dipandang mata alias jelek.

Beberapa dari kamu juga mungkin bakal mempertimbangkan desain yang sesuai dengan kepribadian.

Kalau kamu orangnya aktif, maka desain yang colorful rasanya bakal cocok. Sebaliknya, kalau orangnya kalem, desain HP dengan warna seperti abu-abu gelap atau hitam mungkin pas.

Ya, desain itu sebenarnya selera alias subjektif. Ada yang suka sama desainnya smartphone Samsung, ada juga yang kepincut sama iPhone.

Nah, rasanya menarik kalau misalnya kita coba membandingkan bocoran desain S11 ini dengan iPhone 11 yang memang sudah resmi rilis. Kebetulan, desain iPhone 11 sempat jadi perbincangan.

Baca juga artikel menarik lainnya: Instagram Threads, Chatting jadi Lebih Privat

Kalau bicara desain, selain tampilannya, tentu saja harus juga mempertimbangkan sisi ergonomis atau sisi kenyamananya saat digunakan. Tapi, si Samsung Galaxy S11 ini kan belum hadir bentuk fisiknya.

Jadi, di sini saya mau membandingkan dari segi tampilannya saja.

Bagian Belakang

Bagian belakang iPhone 11 pro max
Bagian belakang iPhone 11 pro max (Apple via Tribun Timur)

Desain dari trio iPhone 11 memang enggak beda jauh sama bocoran gambar yang sudah beredar sebelumnya. Satu hal yang mendapatkan sorotan netizen saat gambar desainnya beredar adalah bagian belakangnya.

Kamu yang mengikuti berita soal iPhone 11 saya yakin bakal mengerti dengan apa yang saya jelaskan sebelumnya. Desain bagian belakang ini adalah tempat diletakannya kamera.

Nah, makin ke sini kan kamera belakang di smartphone jumlahnya makin banyak. Ada yang tiga alias triple-camera, ada juga empat aliad quad-camera. Masing-masing lensa kamera itu punya fungsinya tersendiri.

Bocoran desain bagian belakang Samsung Galaxy S11
Bocoran desain bagian belakang Samsung Galaxy S11 (Phone Arena)

iPhone 11 varian pro dan pro max, hadir dengan tiga kamera belakang. Buat yang pro max, tiga lensa kameranya beresolusi 12 megapiksel. Hanya saja, fungsinya beda-beda. Ada yang lensa wide, ultrawide, dan telephoto.

Penempatan tiga kamera itulah yang memicu kontroversi dan sorotan dari netizen. Tiga kamera tersebut rupanya ditempatkan dalam satu kotak dengan sisian agak melengkung. Kotak tersebut ditempatkan di pojok kiri atas.

Alhasil, tiga lubang besar kamera tersebut jadi saling berdekatan. Hingga akhirnya, banyak netizen yang mengasosiasikannya dengan benda lain, seperti bola bowling sampai alat cukur.

Meme soal desain kamera belakang IPhone 11 pro dan pro max ini pun menyebar. Ada juga warganet yang menyebut desain IPhone terbaru itu (maaf) jelek.

Lalu bagaimana dengan desain Samsung Galaxy S11?

Kalau desain yang beredar itu benar adanya, Samsung sepertinya belajar dari kontroversi desain IPhone deh. Lihat saja, penempatan tiga kameranya enggak menumpuk di satu kotak.

Dari gambar yang saya lihat di laman Detik, tiga kamera itu ditempatkan berjejer ke samping. Kamera itu ditempatkan di persegi panjang berwarna hitam, yang ujungnya melengkung.

Persegi panjang itu berada di atas. Tapi, enggak dekat juga dengan ujung atasnya sih. Jadinya, menurut saya penempatannya pas.

Sejauh ini, belum ada meme-meme yang beredar (atau mungkin saya yang belum lihat) mengenai bocoran desain Samsung Galaxy S11.

Bagian Depan

Desain bagian depan iPhone 11
Bagian depan desain iPhone 11 (iPhone Arena)

Beralih ke bagian depan nih. Ada dua perbedaan mencolok dari iPhone 11 dan bocoran desain Samsung Galaxy S11. Apa itu? Dari penempatan kamera depan dan bezel alias pinggirannya.

Kamera depan iPhone 11 ditempatkan di notch yang memanjang. Alhasil, lapangnya layar iPhone 11 memang agak sedikit ‘terganggu’ gara-gara adanya notch tersebut.

Kemudian, bezel dari iPhone 11 ini juga memang tipis, tapi masih terlihat jelas. Bezel-nya enggak sampai terkesan ‘enggak ada’.

Bocoran desain Samsung Galaxy S11
Bocoran desain Samsung Galaxy S11 (Phone Arena)

Dua desain itu berbeda dengan bocoran desain dari Samsung Galaxy S11. Kamu lihat saja deh, desain bagian depannya, manis banget.

Emang sih, desain kamera depannya bukan kamera di bagian bawah layar seperti yang digadang-gadang sebelumnya. Tapi, lubang kameranya berada di antara layar. Lubang kecil itu ditempatkan di bagian tengah-atas.

Belum lagi desain bezel-nya yang tipis banget. Jadi kesannya, smartphone Samsung Galaxy S11 ini bagian depannya cuma layar semua. Ujungnya pun agak melengkung, menambah kesan dinamis.

Kalau boleh jujur, saya lebih suka bocoran desain Samsung Galaxy S11 ini ketimbang iPhone 11. Tapi sayangnya, pihak Samsung, saat tulisan ini dibikin, 7 Oktober 2019, belum mengkonfirmasi kebenaran desain itu.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Menulis di Smartphone atau HP Itu Gampang Kok

Kesimpulannya, saya secara pribadi sebenarnya lebih suka sama bocoran desain Samsung Galaxy S11 ini sih. Lebih enak dipandang mata.

Balik lagi, ini hanya soal selera dan subjektif. Kamu mungkin lebih suka sama desain IPhone 11 pro dan pro max.

Oh iya, kabarnya bocoran dari desain iPhone baru tahun depan juga sudah beredar.

Smartphone itu disebut-sebut akan hadir tanpa notch. Tapi, yang patut ditunggu, desain kamera belakangnya. Jangan sampai jadi bahan meme netizen lagi deh seperti iPhone 11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *