Apakah Realme C3 Benar-benar Smartphone Gaming?

Realme C3
Realme C3 (Sumber: istimewa via Tirto.id)

Smartphone gaming tapi harganya murah. Kira-kira itulah yang ingin ditawarkan dari HP Realme C3.

Di tanah air, smartphone ini ternyata hanya dibanderol Rp 1,5-1,6 jutaan saja. Cukup merogoh kocek segitu, kamu sudah mendapatkan chipset gaming, baterai jumbo, dan tiga kamera utama.

Tapi, apakah C3 ini benar-benar the real smartphone gaming?

Baik, mari terlebih dahulu melihat chipset yang disematkan di C3 ini. Smartphone ini ternyata mengandalkan MediaTek Helio G70.

Sebagai informasi, sebelumnya MediaTek telah mengumumkan mengenai dua chipset gaming besutannya, yakni G70 dan Helio 90. Nah, C3 ini adalah smartphone pertama yang menggunakan G70.

Pihak Realme mengklaim, C3 ini memiliki skor benchmark AnTuTU mencapai 192.973. Jadi, ponsel tersebut diklaim tak akan mengalami kesulitan memainkan game-game berat seperti COD Mobile hingga PUBG Mobile.

Namun, beberapa tech vlogger telah mencoba memainkan game berat tersebut di C3 ini. Hasilnya, game-game itu ternyata tak bisa dimainkan dalam settingan grafik high hingga ultra.

Baca tulisan menarik lainnya: PANDUAN BUAT KAMU: SPESIFIKASI KUNCI SAMSUNG GALAXY S20 SERIES

Game COD Mobile bahkan untuk sementara ini hanya tersedia settingan grafik low saja. Sedangkan, untuk PUBG Mobile sudah tersedia dalam settingan balanced. Dan semuanya memang bisa lancar dimainkan dalam settingan itu.

Rasanya wajar kalau game-game berat tersebut hanya bisa dimainkan dalam settingan low hingga medium. Pasalnya, untuk memainkan game itu dalam settingan ultra, dibutuhkan performa yang lebih gahar lagi.

HP Black Shark 2 Pro misalnya, smartphone gaming itu memiliki skor benchmark AnTuTu mencapai 400.000 hingga 450.000-an. Tentu saja, smartphone di bawah naungan Xiaomi itu mampu melibas COD Mobile hingga PUBG Mobile dalam settingan ultra atau rata kanan.

Jadi, jangan terlalu berekspektasi tinggi soal gaming pada Realme C3.

Baterai Jumbo

Realme C3
Realme C3 (istimewa via Suara.com)

Ada satu hal yang bisa jadi pelipur lara soal gaming dari C3 ini, yaitu soal kapasitas baterainya. Realme yang satu ini memiliki kapasitas baterai hingga 5.000 mAh.

Pihak Realme mengklaim, dengan baterai berkapasitas seperti itu, C3 mampu memainkan game seperti PUBG Mobile hingga 10 jam. Kemudian, jika dalam keadaan standby, smartphone itu diklaim bisa bertahan sampai 30 hari.

Memang, dalam bermain game, salah satu faktor kenyamanannya adalah soal ketahanan si smartphone-nya. Rasanya bakal kesal kalau saat lagi asyik main, tiba-tiba perangkatnya mati.

Menurut saya, tak banyak juga smartphone harga Rp 1 jutaan yang memiliki kapasitas baterai jumbo seperti itu. Samsung Galaxy A10s yang hargaya Rp 1,5 jutaan hanya dilengkapi baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kemudian, Oppo A1k yang harganya Rp 1,5 jutaan juga memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh.

Ada beberapa HP 1 jutaan yang kapasitas baterainya sudah 5.000 mAh, seperti Redmi 8A, hanya saja konfigurasi kamera belakangnya tak sebaik C3.

Tiga Kamera

Realme C3 (istimewa via Liputan6.com)

Mari kita beralih ke fitur lain yang jadi unggulan Realme C3, yaitu kameranya. Dalam urusan gaming, kamera memang tidak terlalu berpengaruh. Namun, tiga kamera yang disematkan dalam C3 menurut saya merupakan hal yang bagus.

Tiga kamera belakang yang disematkan berkonfigurasi  12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF, 2 MP, f/2.4, (depth), hingga 2 MP, f/2.4, (macro).

Perlu diketahui, konfigurasi tersebut berbeda dari C3 yang dirilis di India. Di sana, C3 hanya dilengkapi dua kamera belakang saja.

Menurut saya, hadirnya tiga kamera belakang di C3 ini bisa jadi pembeda untuk smartphone Rp 1 jutaan atau kelas entry level. Rata-rata, smartphone di Rp 1 jutaan hanya memiliki kamera belakang satu atau dua saja. 

Samsung Galaxy A10s yang harganya Rp 1,5 jutaan hanya memiliki dua kamera 13 megapiksel dan 2 megapiksel. Kemudian, Redmi 8, yang harganya Rp 1,6 juta, juga hanya dilengkapi dua kamera belakang 12 megapiksel dan 2 megapiksel.

Jadi, berdasarkan fitur-fiturnya, smartphone ini memang merupakan smartphone gaming, tapi bukan untuk pengguna hardcore gamer yang ingin memainkan mobile game di settingan ultra dan high frame rate.

Apalagi jika Realme C3 ini digunakan untuk kepentingan eSport atau turnamen. Rasanya enggak bakal cocok.

Namun, C3 ini pas buat kamu casual gamer, yang memainkan game di saat-saat tertentu saja. Misal, saat lagi menunggu seseorang, saat berada di dalam perjalanan, atau memang saat lagi santai, tapi durasi bermainnya tak terlalu lama.

Jadi, setelah selesai bermain game, kamu bisa beralih ke fitur lainnya dari smartphone ini, yaitu foto-foto dengan tiga kamera belakang utama dan satu kamera selfie beresolusi  5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5″, 1.12µm,

Buat kamu yang masih mempertimbangkan bakal membeli C3 atau tidak, berikut saya sertakan spesifikasi lengkapnya dikutip dari CNN:

SpesifikasiRealme C3
Layar6,5 inci Super AMOLED FHD+ (1080 x 2400), 16 M colors, 20:9 ratio
ProsesorMediatek Helio G70 (12 nm),
CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G52 2EEMC2
Sistem OperasiAndroid 10.0; Realme UI 1.0
KameraKamera Belakang:
12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
2 MP, f/2.4, (macro)

Kamera depan:
5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5″, 1.12µm
MemoriRAM 3GB ROM 32GB,

MicroSD (Up to 512GB)
Baterai5.000mAh. Charging 10W
Fitur Lain• Face Recognition
• USB Type-C
• Fingerprint sensor
• Dedicated Micro SD
HargaRp1,7 juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *