Among Us: Cara Bermain, Download di HP Android atau iOS

Among Us
(Sumber gambar: PlayStore)

Among Us, sebuah game yang dirilis pada 2018 lalu, kini tengah viral. Baik gamer biasa sampai YouTuber gaming terkenal macam PewDiePie, Jacksepticeye, hingga Markiplier juga memainkan game tersebut.

Game besutan pengembang bernama InnerSloth ini ber-genre survival. Saat permainan dimulai, pemain akan dihadapkan pada situasi dalam sebuah pesawat luar angkasa. Maksimalnya, dalam satu kali permainan, ada 10 pemain yang terlibat.

Dalam satu pesawat luar angkasa tersebut, ada yang berperan sebagai imposter dan crewmate. Crewmate bertugas menyelesaikan task atau tugas, agar bisa keluar dari pesawat. Sementara itu imposter harus membunuh para crewmate tanpa ketahuan.

Baca juga: Cara Download Fortnite di Android tanpa Melalui PlayStore

Di sela-sela permainan, bakal ada diskusi. Diskusi dimulai jika ada pemain yang me-report atau menekankan tombol emergency. Semua pemain bisa me-report apabila melihat potongan tubuh pemain lain atau melihat imposter melakukan hal mencolok, seperti masuk ke vent atau lubang angin.

Permainan akan selesai jika semua crewmate berhasil menjalankan task. Atau, permainan juga selesai apabila imposter yang lebih dulu menghabisi hampir semua crewmate.

Jangan membayangkan dulu ini game sadis ya. Pasalnya, grafiknya dua dimensi. Desain karakternya juga terkesan imut. Pemain seperti mengenakan kostum astronot, namun lebih disederhanakan lagi.

Cara download dan bermain Among Us di HP Android atau iOS

Among Us
(Sumber gambar: PlayStore)

Selain versi PC, game ini juga tersedia untuk versi mobile-nya. Game-nya ringan, ukurannya hanya 138 MB saja setelah terpasang. Jadi, bisa dimainkan di hampir semua perangkat Android atau iOS. Berikut adalah cara download atau mengunduhnya:

  1. Untuk HP Android, silakan mengunduhnya di PlayStore. Sementara itu, untuk HP berbasis iOS, bisa mengunduhnya di AppStore. Berikut adalah tautannya: Link PlayStore | Link AppStore
  2. Setelah game-nya terpasang, silakan buka. Di menu, ada pilihan “local”, “online”, “how to play”, “freeplay”. Untuk bermain secara daring dengan pemain di seluruh dunia, silakan pilih “online”. Jika Anda ingin bermain via local network pilih “local”. Sementara itu, “freeplay” berguna buat Anda yang ingin mengenal game-nya dulu dulu.
  3. Jika sudah masuk ke menu “online”, di bagian atasnya ada persegi panjang. Sentuh opsi tersebut untuk mengganti nama pemain.
  4. Untuk membuat room sendiri agar bisa bermain dengan teman Anda, silakan pilih “create game”. Berikutnya, Anda bisa memilih map, jumlah imposter, hingga jumlah total pemain. Saat masuk ke dalam room Anda, set ke “private” dan bagikan kodenya ke teman Anda yang akan diundang bermain. Sementara itu, agar pemain dari seluruh dunia bisa masuk ke room Anda, silakan set room-nya ke “public”.
  5. Apabila Anda bosan menunggu di room sendiri, dan ingin langsung bergabung ke room yang sudah ramai pemain, silakan pilih “find game”. Di menu tersebut, Anda juga bisa memfilter akan bermain di map mana dan dengan jumlah imposter berapa.
  6. Nah, bagi Anda yang mendapatkan kode room dari teman, silakan masukkan kode tersebut di menu “enter code”.
  7. Jika sudah masuk di waiting room, Anda tinggal menunggu saja sampai jumlah pemainnya mencapai 10. Tunggu sampai host memulai permainan. Atau, jika Anda host-nya, Anda bisa memilih “start” jika sudah men-setting permain dan mengkustomisasi karakter Anda.
  8. Sebagai tips, jika server mengalami gangguan, Anda dapat mengganti server di pojok kanan-bawah saat menu memilih antara “create game” atau “find game”. Ada pilihan server North America, Asia, atau Europe.

Tips sebagai crewmate

(Sumber gambar: PlayStore)

Sebagai crewmate di Among Us, Anda harus menyelesaikan semua task atau tugas. Daftar task-nya berada di kiri-atas layar. Sementara itu, progress task semua crewmate ada di bar di pojok kiri-atas.

Untuk mengetahui ada di mana saja tempat task harus diselesaikan di dalam pesawat, Anda bisa memanfaatkan map. Pilihannya ada di pojok kanan-bawah.

Saat menjalankan task, sebaiknya jangan sering-sering sendirian atau berduaan. Bisa jadi pemain yang satu lagi bersama Anda adalah seorang imposter yang sedang menunggu kesempatan untuk membunuh.

Selain itu, apabila melihat potongan tubuh pemain lain, Anda harus segera report. Jangan sampai Anda tepergok sedang berdiri dekat potongan tubuh oleh pemain lain. Bisa-bisa, malah Anda yang dituduh sebagai imposter.

Baca juga: Cara Berlangganan dan Link Download Disney+ Hotstar via HP

Jangan segan juga untuk melapor jika Anda melihat imposter masuk ke vent atau lubang angin. Pasalnya, hanya imposter sajalah yang bisa melakukan trik tersebut.

Ketika diskusi berjalan, jangan lupa sebutkan di mana terakhir kali Anda berada. Jadi, tetap ingat-ingat setiap ruangan yang Anda singgahi.

Oh iya, kebanyakan diskusinya menggunakan Bahasa Inggris. Tapi tenang, Anda masih bisa tetap mengikuti diskusinya kok, karena Bahasa Inggris yang digunakan terkadang tak mengikuti kaidah yang benar alias tak memperhatikan grammar.

Apabila Anda sudah mati dan menjadi hantu, jangan lupa untuk tetap menyelesaikan semua task agar membantu crewmate lain yang masih hidup.

Tips sebagai imposter

(Sumber gambar: PlayStore)

Sebagai imposter, tugas Anda adalah membunuh crewmate. Tugas ini sebenarnya susah-susah gampang. Namun, kalau momennya tak pas, justru Anda bakal ketahuan.

Usahakan membunuh pemain lain di ruangan yang sepi. Pastikan tak akan ada pemain lain yang masuk ke ruangan tersebut. Perhatikan pula apakah ruangan itu terpantau CCTV atau tidak.

Selain itu, alangkah lebih baiknya membunuh pemain lain di ruangan yang ada vent. Jadi, Anda bisa langsung kabur lewat vent setelah membunuh.

Baca juga: Cara Membuat Avatar Facebook, Bisa Via HP Android atau iOS

Jangan lupa juga untuk menggunakan kemampuan sabotage untuk mensabotase bagian tertentu dari pesawat. Sabotase dapat menghentikan para crewmate dari menjalankan task-nya. Pasalnya, jika bagian pesawat yang disabotase tak diperbaiki, permainan akan dimenangkan imposter. Apabila sudah mati dan jadi hantu, imposter pun masih bisa melakukan sabotase untuk membantu imposter lain yang masih hidup (jika permainannya ada 2-3 imposter).

Sebagai tips, Anda sebagai imposter bisa mensabotese O2. Tinggal tekan saja O2 begitu map sabotase terbuka. Setelah itu, biar Anda yang pura-pura akan memperbaikinya. Jangan lupa ulur-ulur waktu, perlihatkan Anda seolah memperbaiki O2, padahal sebenarnya tidak. Jika dilakukan secara baik, bukan tidak mungkin permainan dimenangkan oleh Anda secara cepat.

Nah, itulah dia cara download dan cara bermain game Among Us. Apakah Anda sudah pernah memainkannya? Yuk bagikan pengalamannya di Facebook dan Twitter Teknonia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *