Adu Spesifikasi Infinix Hot 10 vs Redmi 9, Gaming Oke Mana?

Infinix Hot 10 vs Redmi 9
(Sumber gambar: Xiaomi dan Infinix)

Infinix Hot 10 dan Redmi 9 adalah smartphone atau HP yang sama-sama dibanderol murah. Keduanya memiliki harga di bawah Rp 2 juta.

Secara lebih rinci, Infinix Hot 10 dijual Rp 1,7 jutaan untuk varian 4/64 GB dan Rp 1,9 jutaan untuk varian 4/128 GB. Sementara itu, Redmi 9 dijual Rp 1,8 jutaan untuk varian 3/32 GB dan Rp 2 juta untuk varian 4/64 GB.

Kedua ponsel pintar ini memiliki keunggulan masing-masing. Lantas, jika punya dana di bawah Rp 2 juta dan sedang mengincar smartphone entry-level, manakah dari kedua HP ini yang akan Anda beli?

Dalam tulisan ini, Teknonia.com mencoba untuk membandingkan desain dan spesifikasi dari kedua HP tersebut. Tulisan ini diperuntukkan bagi Anda yang kebingungan memilih di antara dua smartphone itu.

Dihimpun dari situs resmi Infinix, situs resmi Xiaomi, dan beberapa sumber lainnya, berikut adalah perbandingannya:

Desain Infinix Hot 10 lebih kekinian, tapi Redmi 9 berani tampil beda

Infinix Hot 10 vs Redmi 9

Secara desain, kedua ponsel ini punya ciri khas masing-masing. Redmi 9 berani tampil beda. Sementara itu, Infinix Hot 10 memiliki tampilan yang mengacu pada pakem desain smartphone kekinian.

Yang membuat Redmi 9 berbeda adalah desain di bagian belakangnya. Di mana kamera belakang dan sensor sidik jarinya ditempatkan dalam bingkai persegi panjang, vertikal, dan ditempatkan di tengah-atas. Lalu, di sekitar bingkai kamera itu terdapat aksen yang bentuknya melingkar.

Namun sayangnya, di bagian depan, kamera selfie-nya masih ditempatkan di notch atau poni. Poni tersebut berbentuk tetesan air atau waterdrop notch.

Redmi 9 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Carbon Grey, Ocean Green, dan Sunset Purple.

Baca juga: Spesifikasi Infinix Hot 10, Rp 1,7 Jutaan, Andalkan Helio G70

Nah, sementara itu, yang membuat desain Infinix Hot 10 bisa disebut mengikuti pakem desain smartphone kekinian adalah letak kamera depan dan modul kamera belakangnya.

Di bagian depan, kamera selfie Infinix Hot 10 sudah ditempatkan di punch-hole atau lubang kecil saja. Lubang tersebut ditempatkan di pojok kiri-atas.

Kemudian, di bagian belakangnya, desainnya menyerupai smartphone pada umumnya. Yang membuat bodi belakang Infinix Hot 10 sedikit berbeda adalah adanya pattern berbentuk zigzag.

Kamera belakangnya ditempatkan di bingkai berbentuk persegi yang ujung-ujungnya melengkung. Bingkai berwarna gelap tersebut ditempatkan di pojok kiri-atas.

Di bagian tengah ada sensor sidik jari. Lalu, di bawah sensor itu ada tulisan “Infinix”. Kemudian, di bagian paling bawah ada tulisan “HOT”.

Infinix Hot 10 tersedia dalam warna Obsidian Black, Amber Red, Moonlight Jade dan Ocean Wave.

Diagonal layar lebih unggul Infinix Hot 10, tapi resolusinya lebih tinggi di Redmi 9

(Sumber gambar: Xiaomi)

Masih berada di bagian layar, dua ponsel ini punya spesifikasi yang berbeda.

Dari segi layar, diagonal di Infinix Hot 10 lebih lapang ketimbang di Redmi 9. Hot 10 punya layar berdiagonal 6,78 inci. Sementara Redmi 9 punya layar berdiagonal 6,53 inci.

Kendati demikian, dalam hal resolusi, Redmi 9 lebih unggul. Smartphone Xiaomi tersebut punya layar beresolusi FHD+ (2340 x 1080). Sementara resolusi layar di Infinix Hot 10 adalah HD+ (720 x 1640).

Sama-sama Mediatek Helio seri G, performa gaming tak jauh berbeda

Mari beralih ke sektor dapur pacu. Dua HP ini ternyata sama-sama mengadalkan Mediatek Helio seri G. Chipset itu diklaim sebagai chipset gaming murah.

Infinix Hot 10 mengandalkan Mediatek Helio G70 yang dipadukan dengan pilihan RAM dan internal 4/64 GB atau 4/128. Kemudian, sistem operasi yang digunakan adalah Android 10 dengan antarmuka XOS 6.0.

Sementara itu, Redmi 9 mengandalkan Mediatek Helio G80 yang dipadukan dengan pilihan RAM dan internal 3/32 GB atau 4/64 GB. Lalu, sistem operasi yang dipakai adalah Android 10 yang dibalut antarmuka MIUI 11.

Baca juga: Membandingkan HP 2 Jutaan, Redmi 9 dan Realme C15

Manakah dari dua ponsel tersebut yang performanya lebih unggul?

Di laman Kimovil.com, Infinix Hot 10 mendapatkan skor 194.170. Sementara Redmi 9 mendapatkan skor 203.078. Jadi, berdasarkan hasil di atas kertas, performa Infinix Hot 10 dan Redmi 9 tak terlalu jauh berbeda.

Untuk performa gaming, Infinix Hot 10 bisa memainkan PUBG Mobile dalam settingan grafis smooth dan frame rate. Namun, channel Jagat Review sudah meng-unlock grafis dan frame rate jadi smooth-extreme. Hasilnya, PUBG Mobile dapat dimainkan di kisaran 50-59 FPS.

Sementara itu, masih menurut sumber yang sama, Redmi 9 juga dapat memainkan PUBG Mobile dalam settingan grafis dan frame rate smooth-ultra. Namun ketika di-unlock, bisa dimainkan di smooth-extreme. Hasilnya, PUBG Mobile dapat dimainkan di kisaran 47-56 FPS.

Infinix Hot 10 dan Redmi 9 dilengkapi empat kamera belakang dan satu kamera selfie

Setelah dapur pacu, mari kita ke sektor fotografi. Dua ponsel ini rupanya sama-sama dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan. Namun sayang, resolusinya memang terbilang rendah.

Konfigurasi kamera belakang Infinix Hot 10 adalah 16 MP (wide) PDAF, 2 MP (macro), 2 MP (depth), dan QVGA (Low light sensor). Sementara itu, di bagian depannya ada kamera beresolusi 8 MP wide angle.

Lalu, konfigurasi kamera di Redmi 9 adalah wide 13 MP (f/2.2), ultrawide 8 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4), depth sensor 2 MP (f/2.4). Kemudian, di bagian depan ada kamera 8 MP (f/2.4).

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, resolusi kamera di Infinix Hot 10 lebih unggul. Kendati begitu, konfigurasi kamera di Redmi 9 punya nilai lebih lantaran ada sensor ultrawide 8 MP.

Baca juga: Redmi 9A atau Infinix Hot 9 Play? Ini Rekomendasi Kami

Baterai sama-sama berkapasitas besar, tapi hanya Redmi 9 yang didukung fast charging

Kini, baterai juga menjadi spesifikasi penting dari sebuah smartphone. Tak sedikit pengguna menginginkan sebuah ponsel dengan kapasitas baterai yang besar agar ponselnya bisa bertahan seharian. Karena itu, pabrikan HP pun berlomba-lomba menanamkan baterai berkapasitas jumbo di produknya.

Baik Infinix Hot 10 maupun Redmi 9 ternyata sama-sama memiliki baterai berkapasitas besar. Infinix Hot 10 punya baterai berkapasitas 5.200 mAh. Sementara itu, Redmi 9 memiliki baterai berkapasitas 5.020 mAh.

Di Redmi 9, baterainya sudah didukung fitur pengisian daya cepat atau fast charging 18 Watt. Namun, charger yang disertakan di dalam boks hanya 10 Watt saja.

Sayangnya, untuk baterai di Infinix Hot 10, belum didukung oleh fitur pengisian daya cepat.

Fitur lain Infinix Hot 10 dan Redmi 9

(Sumber gambar: Infinix)

Beberapa fitur atau spesifikasi lain yang perlu diketahui dari Redmi 9 adalah, adanya konektor USB Type-C, IR Blaster, Dual SIM, sensor fingerprint (di belakang), hingga face unlock.

Sementara itu, spesifikasi lain dari Infinix Hot 10 yang perlu diketahui adalah adanya fitur Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), microUSB 2.0, USB On-The-Go, fingerprint (rear-mounted), dan Face Unlock.

Dari sini terlihat, Redmi 9 punya kelebihan lantaran sudah menggunakan konektor USB Type-C. Di Infinix Hot 10, konektornya masih microUSB.

Selain itu, fitur ciri khas Xiaomi yaitu IR Blaster juga masih dibawa. Berkat fitur ini, pengguna bisa mengendalikan beberapa tipe TV, AC, dan barang elektronik lainnya menggunakan Redmi 9.

Baca juga: Infinix Zero 8, HP dengan Desain Beda, Ini Spek dan Harganya

Kesimpulan

Itulah perbandingan spesifikasi dari Infinix Hot 10 dan Redmi 9. Secara performa, dua ponsel ini ternyata memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda.

Namun, Infinix Hot 10 lebih unggul dalam hal desain layar depan yang lebih kekinian, diagonal layar lebih luas, ada pilihan memori internal 128 GB, resolusi kamera utama yang lebih tinggi, hingga kapasitas baterai lebih besar.

Sementara itu, Redmi 9 lebih unggul dalam hal desain bodi belakang yang berbeda, resolusi layar lebih tinggi, adanya sensor kamera ultrawide, fitur fast charging, hingga sudah menggunakan konektor USB Type-C.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *